Selamat datang di Website Resmi Desa Tirtanadi, Ingin mengetahui tofogafi dan monografi Desa Tirtanadi silahkan buka di Profil Desa Tirtanadi

Artikel

KELUHAN PETANI TIRTANADI

09 Maret 2021 10:09:07  Ahmad Gupran   534 Kali Dibaca  Berita Desa

 

Kelangkaan pupuk bersubsidi menjadi  keluhan petani di Tirtanadi, seorang petani Jamaludin 20/02/2021 mengatakan mencari pupuk sampai 5 toko tapi belum dapat, disebabkan namanya tidak terdaftar, karena syarat pembelian pupuk harus ada di Daftar Rencana Kebutuhan Kelompok (RDKK), daripada pemupukan tanamannya terlambat, Jamaludin terpaksa membeli pupuk non subsidi walaupun harganya lebih mahal imbuhnya.

Petugas Pendamping Lapangan (PPL) pertanian Ngadimin, SP. 23/02/2021 menjelaskan di Tirtanadi hanya 2 toko resmi penyalur pupuk bersubsidi UD’ Chandra 22 dan UD’ Irma, luasnya areal pertanian tidak sebanding dengan jumlah toko resmi, pemilik toko tidak bisa menebus dalam skala besar,  terkendala regulasi cara penebusan dan modal  sehingga menjadi  penyebab kelangkaan pupuk.

penyalur resmi pupuk bersubsidi, Nur;aini 24/02/2021 menuturkan sebagai penyalur, setiap awal tahun meminta RDKK dari ketua Kelompok Tani sebagai syarat penebusan. Setiap anggota mendapatkan pupuk sesuai dengan luas areal. saat membeli pupuk, petani menyerahkan foto copy KTP atau foto Copy KK dicocokkan dengan RDKK tambahnya. dalam kesempatan yang sama ketua Kelompok Tani Nurul Huda Haeri menjelaskan, jatah pupuk subsidi untuk anggota sesui luas areal pada RDKK, pembelian jenis pupuk harus berimbang antara urea dengan pupuk ponska plus. Kata haeri “jatah pupuk untuk petani sesuai musim tanam tiga kali setahun”. Semoga pemerintah secara aktif melakukan pengawasan dalam penyaluran pupuk beraubsidi tambahnya.

                                                                                                                                              Geo’ 21


Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Peta Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Jurusan Korleko-Tirtanadi, KM 12
Desa : Tirtanadi
Kecamatan : Labuhan Haji
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83675
Telepon : 081805744701
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:136
    Kemarin:119
    Total Pengunjung:113.808
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.127.28
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel